Keutamaan Hari Senin

SIDA Today 23 November 2020 09:25:40 WIB

Keutamaan hari senin diantaranya sebagai berikut:

1. Kelahiran dan wafatnya Nabi Muhammad Saw

Hari Senin menjadi istimewa sebab di hari ini merupakan hari kelahiran manusia sempurna. Beliau adalah utusan Allah yang telah membawa Islam ke seantero dunia. Sebab demikian sebagian ulama mengharuskan kita sebagai orang Islam untuk melakukan puasa sunah di hari Senin.

Tentang lahirnya Nabi agung disebut salah satunya dalam QS. Al-Ahzab ayat 21 yang artinya, “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah suri tauladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”.

2. Disunahkan puasa Senin dan Kamis

Keistimewaan selanjutnya yang dimiliki hari Senin adalah adanya kesunahan puasa di dalamnya. Seseorang yang melakukan puasa di hari Senin akan mendapatkan pahala yang amat besar.

Dalam salah satu Hadis Nabi Muhammad Saw bersabda: "Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

 
3. Dibukanya pintu-pintu surga

Dari Abu Hurairah Rasulullah bersabda: “Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.”

4. Diturunkannya Al-Qur'an

Keutamaan yang dimiliki hari ini salah satunya adalah merupakan hari di mana Al-Qur'an diturunkan. Dari hadis Abu Qatadah al-Anshari Ra yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah bersabda: “Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, hari aku diutus, dan hari diturunkannya al-Qur’an kepadaku.”

5. Seluruh dosa diampuni

Keagungan hari Senin yang tidak dimiliki oleh hari-hari yang lain adalah diampuninya dosa-dosa seorang Muslim yang wafat pada hari tersebut. Oleh sebab demikian hendaknya seorang Muslim memperbanyak membaca istighfar dan meminta ampunan pada hari Senin.

Itulah keutamaan-keutamaan hari Senin yang dapat dijadikan pengingat setiap datang kembali hari tersebut. Tidak seharusnya seseorang benci dengan hari Senin, karena hari tersebut memiliki keutamaan yang luar biasa

sumber : google.com

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

LANGGAM

TANGGAL

JAM D.I.YOGYAKARTA

APARATUR PEMERINTAH DESA